batang gaharu,manfaat gaharu,khasiat gaharu

 

Gaharu merupakan tanaman yang memiliki kayu kehitaman. Batang gaharu memiliki aroma wangi yang khas sehingga sering dijadikan bahan utama minyak wangi yang memiliki nilai jual tinggi. Gaharu banyak tumbuh di daerah Asia terutama di Malaysia. Tanaman gaharu masuk dalam genus Aquilaria. Meski termasuk pohon berkayu, gaharu dikelompokkan dalam Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK).

Selama ini, manfaat gaharu memang sebatas untuk industri wangian saja. Batang gaharu biasanya dicincang dan digunakan sebagai bahan utama pembuatan dupa. Selain itu, kayu gaharu akan diolah menjadi  aksesoris yang dipercayai memiliki kekuatan tertentu untuk menangkal jin dan juga sihir.

1. Menjaga kesihatan ginjal

Batang gaharu dipercayai mampu dijadikan sebagai bahan utama ubat herbal untuk ginjal. Jika dihidu dan diminum secara teratur, teh batang tanaman ini bahkan dapat mengubati penyakit ginjal yang sudah kronik seperti batu ginjal dan gagal ginjal. Cara pengubatan ginjal dengan menggunakan batang tanaman gaharu seperti ini sudah dilakukan selama ratusan tahun di Jepun dan China.

2. Mengatasi sakit perut

Teh yang terbuat dari batang gaharu terbukti mampu mengatasi pelbagai jenis penyakit perut seperti kembung karana masuk angin dan sembelit.

3. Menurunkan tekanan darah

Batang gaharu memiliki sifat menghilangkan sumbatan dan melebarkan pembuluh darah. Oleh karena itu, seduhan batang tanaman yang sering digunakan sebagai penangkal ilmu sihir ini dapat menurunkan tekanan darah.

4. Mencegah penuaan dini

Limbah penyulingan batang gaharu akan menghasilkan minyak atsiri. Minyak hasil pengolahan batang gaharu inilah yang bisa dipakai untuk mencegah penuaan dini sekaligus melindungi kulit dari dampak buruk sinar UV.

5. Mencegah tumor

Manfaat batang gaharu yang sangat jarang diketahui adalah untuk mencegah tumor. Batang kayu gahayu mengandung flavonoid yang mampu menjaga kesehatan tingkat sel. Karena itulah, batang tanaman ini dapat digunakan untuk mengobati tumor.

6. Mencegah kanser

Di India, batang kayu gaharu telah lama digunakan sebagai ubat kanser  usus. Sedangkan di Cina, batang tanaman wangi ini juga digunakan untuk mengubati aneka jenis kanser. Tak hanya itu, penelitian terbaru juga mendukung bahwa salah satu manfaat batang gaharu yang tersembunyi adalah untuk melawan sel kanser dan tumor.

7. Merilekskan pikiran

Sebagai tanaman yang memiliki bau haru, gaharu mampu merileksasikan pikiran. Wangi yang dihasilkan oleh batang kayu gaharu akan membuat suasana hati lebih baik. Untuk menggunakannya, cukup seduh batang kayu gaharu lalu hirup aromanya. Cara lainnya adalah dengan membakar kayu gaharu dan membiarkannya mengepulkan asap wangi.

8. Mengubati asma

Manfaat batang gaharu lainnya adalah untuk mengobati gangguan pernapasan terutama asma. Hal ini dikarenakan batang tanaman gaharu memiliki sifat anti asmatik, yaitu sifat melegakan dan melancarkan kembali sistem pernapasan.

9. Mengatasi insomnia

Seperti yang dibahas sebelumnya, aroma yang dikeluarkan batang gaharu mampu merileksasikan pikiran. Oleh karena itu, menghirup wangi gaharu di malam hari mampu membuat tidur lebih nyenyak dan bangun lebih bugar keesokan harinya.

10. Mengawal kadar gula darah

Manfaat batang gaharu yang telah lama dipercayai masyarakat adalah untuk mengatasi diabetes. Seduhan batang tanaman gaharu dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Untuk mendapatkan hasil maksimal dan juga rasa yang lebih enak, Anda bisa mencampurkan sedikit batang kayu manis pada seduhan.

11. Menguraikan racun dalam tubuh

Khasiat batang gaharu lainnya adalah untuk mendetoksifikasi racun dalam tubuh. Sama seperti bahan herbal pengurai racun lainnya, batang tanaman gaharu juga memiliki efek diuritik sehingga Anda akan mengalami kenaikan frekuensi buang air kecil selama masa detoksifikasi.

12. Mengubati angin amar

Manfaat batang gaharu selanjutnya adalah untuk mengobati stroke. Gaharu dipercaya mampu mengatasi stroke karena dapat melancarkan kembali peredaran yang tersumbat. Pengobatan stroke  dengan metode ini mungkin memakan waktu cukup lama. Namun, tak sedikit dari pasien stroke yang kembali pilih hanya dengan memanfaatkan gaharu.